Catatan Kecil

Rabu, 19 Desember 2007

Jangan Takut Berkreasi

Kadang-kadang kita memiliki keinginan untuk berbuat sesuatu, apapun sesuatu itu. Tetapi selalu muncul di dalam pikiran sendiri kalau-kalau sesuatu yang akan kita buat akan ditertawakan orang lain, dilecehkan, dihina, dikatakan jelek, tidak berkualitas, dan pikiran negatif lainnya. Biarkan saja, kalaupun ada orang yang berperilaku seperti itu terhadap diri kita, semua adalah hal yang biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi umumnya mereka yang mencerca, sebenarnya tidak bisa berbuat banyak, bahkan tidak bisa berbuat seperti yang kita lakukan. Selalu terjadi, seseorang dihina karena bermaksud melakukan sesuatu yang positif, tetapi ketika orang tersebut sukses dengan karya yang dilakukannya, banyak orang lain berdecak kagum. Mungkin saja orang yang menghina tadi tetap juga akan menghina, "ah...dia kan bisa begitu, karena si anu..". Memang selalu begitu, orang-orang yang berpikiran negatif tidak pernah mau kalah, tetapi kalau mau dilihat ke belakang, ia bahkan tak mampu berbuat apa-apa. Orang-orang besar di dunia, seperti Thomas Alpha Edison Sang penemu listrik, bermula dari coba-coba. Tentu saja coba-coba yang dilakukannya adalah sebuah proses berpikir. Ia berpikir, ia mencoba, berulang-ulang gagal, dan akhirnya menemukan listrik yang sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia (baca kisahnya). Orang-orang sukses lainnya memiliki perjalanan yang sama, mencoba, gagal, ditertawakan, coba lagi, dan akhirnya sukses.

Kita juga perlu seperti itu, ketika muncul ide dan pikiran positif di dalam otak, dan sepertinya ide tersebut perlu dilakukan, maka lakukanlah. Jangan takut salah dan jangan takut gagal. Sesuatu yang dilakukan dengan serius, berulang-ulang, selalu membuahkan hasil cemerlang. Coba pikirkan sesuatu, cari informasi tentang hal tersebut, enath dari buku, majalah, internet, dan lain-lain. Lalu coba buat.


Share this:

1 komentar :

  1. Yakinlah, setiap produk kreativitas mempunyai kelompok penggemar tersendiri.

    Tetapi ingat, terkadang ada orang yang secara diam-diam mengakui produk kreativitas, meskipun secara lisan, menghujatnya.

    Salam,

    Nasrullah Idris

    http://www.facebook.com/nasrullahidris.0081929784

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 Azuar Juliandi. Designed by OddThemes