Catatan Kecil

Senin, 07 Januari 2008

Dasar-dasar Pengembangan Situs Blog

Beberapa kali mahasiswa bertanya, "Pak, bagaimana sih agar saya bisa memiliki situs seperti Bapak?. Ini adalah pertanyaan yang saya nanti-nanti dari mahasiswa. Sungguh, pertanyaan yang sangat menggembirakan. Ternyata ada mahasiswa yang juga menginginkan agar diri mereka memiliki kreasi sendiri di bidang Information Technology (IT). Sayangnya, merancang sebuah situs seperti yang telah saya lakukan adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, setidaknya kita harus memahami dasar frontpage, html, harus memiliki imajinasi dan kreativitas tinggi, ketekunan yang luar biasa, dan sifat prinsip pantang menyerah untuk mencoba dan mencoba lagi, plus biaya hosting yang bisa mengurangi kocek mahasiswa. Namun demikian, keinginan banyak orang untuk memiliki sebuah situs web pribadi saat ini bukanlah hal mustahil, salah satu nya adalah situs blog, sebuah site pribadi yang berperan persis seperti buku harian/diary. Cukup banyak penyedia blog yang memberikan kesempatan gratis bagi siapa saja yang ingin memiliki situs pribadi, misalnya blogger, wordpress, multiply, dan lain-lain bisa ditelusuri melalui search engine seperti Google. Saya pernah berjanji kepada mahasiswa untuk memberikan pengetahuan dasar mengembangkan blog. Namun hampir 2 bulan janji tersebut tidak terlaksana akibat banyaknya aktivitas di kampus. Setelah memiliki waktu luang, akhirnya tulisan mengenai hal tersebut dapat diselesaikan, dan siap untuk dikonsumsi oleh adik-adik mahasiswa UMSU (lihat link di bawah halaman ini untuk mendownload), tentunya ini juga dapat dimanfaatkan oleh siapa saja dan dimana saja, sesuai dengan prinsip saya, berbagi ilmu kepada sesama. Tulisan tentang pengembangan ini mungkin cukup sederhana karena disusun berdasarkan pengalaman pribadi. Di dunia sudah terlalu banyak tulisan semacam ini dengan kualitas yang jauh lebih bagus, namun tidak ada salahnya jika tulisan ini menjadi pengaya tulisan yang telah ada. Sebagai informasi untuk pengembangan artikel ke depan, jangan lupa mengisi halaman chat box sebelum Anda mendownload artikel tersebut.

Share this:

3 komentar :

  1. thank you bang. mantap nih tips nya.
    sukses bang. kalo ada program bea siswa bagi-bagi info ya bang. masih nganggur nih. selamat atas pencalonannya menjadi PD (insya allah)

    BalasHapus
  2. o iya ini aku ivan bang. maaf lupa nyebut identitas.

    blog bestcam juga aku yang buat. jadi kupikir tadi lagi pake blog pribadiku. sory bang

    BalasHapus
  3. Hahaha, calon PD? Emang gua pikirin Van?. Abang gak berharap, kalau tenaga dan pikiran abang mau digunakan UMSU, kita siap. Tapi kalau mengejar, meminta, apalagi memelas (hehehe), cukup hanya kepada Allah saja abang memelas.

    Tujuan abang jauh lebih besar dari sekedar PD. Jadi dekan? oh, Bukan. Jadi rektor? Apalagi itu. Hihihi.

    Ivan tahu, kalau tujuan karir abang ini jadi orang yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tidak hanya untuk suatu komunitas tertentu saja.

    Abang pengen nanti, jadi doktor, terus professor, yang bisa menjadi pembicara pada banyak seminar, pelatihan, ke sana ke mari; jadi reviewer di DIKTI; jadi konsultan di perusahaan.

    Ok, Van. Thanks atas perhatiannya. Selamat berjuang.

    BalasHapus

 
Copyright © 2014 Azuar Juliandi. Designed by OddThemes